August 5, 2013

Capuchine dan Jacobin Serupa Tapi Tak Sama

0 comments


Pemain merpati hias pendatang baru pasti akan kesulitan membedakan antara Capuchine dan Jacobin. Pasalnya keduanya sepintas mirip, padahal dua merpati hias yang sama-sama masuk kelas mantel itu sebenarnya berbeda.

Sejumlah pemain merpati di solo bahkan ada yang menyebut Capuchine adalah KW-2nya Jacobin, anggapan ini tentu saja salah karena keduanya memang jenis merpati yang berbeda. Memang sepintas mirip, sama-sama memiliki bulu bak mantel di tengkuk lehernya, namun jika diperhatikan secara seksama barulah terlihat perbedaannya.
merpati_hias

Inilah perbedaan keduanya:
  • Bulu tengkuk Capuchine lebih pendek dibanding Jacobin yang panjang sampai menutup kepala. Sedangkan bulu tengkuk Capuchine pendek dan tidak sampai menutup kepala. Bila Jacobin bulunya sampai menutup seluruh sisi samping kepala, maka Capuchine tak memilikinya. Oleh sebab itu mata dan raut mukanya masih kelihatan saat dilihat dari samping.
  • Bulu tengkuk Capuchine lebih terasa kaku dan lebat. Tubuhnya juga membentuk huru "L" bila dilihat dari samping, sebab lehernya mengarah ke atas.
  • Tubuh Jacobin sedikit lebih panjang daripada Capuchine.

Capuchine adalah merpati hias asal pegunungan di India yang dibawa ke Eropa oleh pelaut-pelaut Belanda pada abad ke-15. Di Belanda Capuchine berkembang pesat yang kemudian menyebar ke seluruh daratan Eropa. Dari Eropa kemudian berkembang ke Amerika pada tahun 1960-an.


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini