May 28, 2013

Menentukan Jenis Kelamin Anak Itik (DOD)

0 comments
sexing_dod photo sexing.jpg

Ada tiga cara sederhana yang dapat dipakai untuk menentukan atau membedakan jenis kelamin anak itik / bebek (sexing), cara ini dilakukan dengan tujuan agar dapat memisahkan antara anak itik jantan dan anak itik betina. Kegiatan sexing mutlak diperlukan untuk mengoptimalkan pemeliharaan itik lebih lanjut, atau untuk memberikan kepastian jenis kelamin dan harga kepada konsumen jika kita sebagai produsen anak itik (DOD). Tiga jenis teknik sexing yang kami uraikan disini adalah teknik voice sexing, hand sexing, dan bend sexing.

1. Voice Sexing
Voice sexing adalah cara membedakan jenis kelamin DOD itik dengan cara mendengar suaranya. Pegang anak itik / bebek dan tekan bagian pangkal leher di dekat tembolok. Jika suara serak maka jantan dan jika melengking nyaring itu bebek betina.

2. Hand Sexing
Hand sexing adalah cara membedakan jenis kelamin DOD itik dengan cara memegang dan melihat bagian anus / dubur / kloaka itik. Pegang anak itik / bebek dengan tangan kiri dengan bagian punggung ke arah bawah serta tangan kanan membuka dubur. Jika ada tonjolan runcing warna putih seperti akar kecambah maka itu jantan, sedangkan apabila tidak ada maka betina.

3. Bend Sexing
Bend sexing adalah cara membedakan jenis kelamin DOD itik / bebek dengan cara melihat gerak-gerik bebek. Yang jantan memiliki kepala lebih besar, badan lebih besar, warna bulu gelap, gerakan lebih tenang, bulu kepala kasar panjang, paruh runcing gelap melengkung, sedangkan untuk betina kebalikannya dari ciri – ciri anak bebek jantan.

Dari ketiga teknik sexing diatas, dapat digunakan secara bersamaan untuk dapat membedakan DOD bebek jantan atau betina. Sedangkan untuk tingkat akurasi, metode hand sexing biasanya mempunyai tingkat ketepatan yang tinggi.


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini