December 6, 2014

Tipe Kandang Itik

0 comments
 photo itik-petelur.jpg

Dalam ternak itik dikenal 3 tipe kandang, yakni kandang baterai, kandang ranch, dan kandang postal. Berikut penjelasan mengenai ke-3 tipe kandang itik tersebut.

1. Kandang Baterai

Pada tipe kandang baterai, setiap 1 kandang hanya ditempati seekor itik dewasa. Ukuran kandang sekitar 50 cm x 50 cm x 45 cm. Bisa juga dibuat berkelompok, setiak kotak ditempati 3-5 ekor itik, asalkan ukuran kotak kandang lebih luas. Kandang dapat terbuat dari bilah bambu maupun rangka kawat. Biaya investasi kandang baterai relatif tinggi dibandingkan tipe kandang lain. Tipe kandang baterai banyak digunakan untuk itk pada tahap starter. Lihat Gambar 1.

 photo kandang_itik_zps67cadea0.jpg Perkawinan itik yang tinggal dalam kandang baterai dilakukan dengan cara inseminasi buatan. Untuk itu, perhitungan tenaga kerjanya mencakup inseminator—ahli inseminasi buatan. Keuntungannya, produktivitas itik lebih terkontrol dan pengendalian penyakitnya lebih terjaga. Pengambilan telur di kandang baterai lebih mudah lantaran tempatnya terbatas. Namun, sekarang, jarang peternak itik layer yang menggunakan kandang baterai. Kandang baterai hanya dipakai pada saat memelihara itik starter.

2. Kandang Ranch

Tipe kandang yang populer sekarang yaitu kandang ranch. Kandang yang merupakan modifikasi dari kandang postal itu menyediakan ruangan tempat ternak sebagai tempat umbaran—tempat bermain. Tipe kandang itu juga disebut kandang umbaran. Kandang dilengkapi dengan kolam atau saluran air tempat itik membersihkan diri atau sekedar mendinginkan tubuh di siang hari. Tipe kandang ranch cocok untuk pemeliharaan itik petelur dewasa. Lihat Gambar 2.

3. Kandang Postal

Berbeda dengan kandang baterai, kandang postal dihuni lebih dari satu itik. Satu kandang, populasinya dapat mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung luas kandang. Kandang postal itu cocok dipakai untuk itik grower. Tempat makan dan minum itik disediakan dalam kandang sehingga relatif menghemat tempat. Tinggi kandang tidak boleh kurang dari 2 m. Tujuannya untuk memudahkan saat panen telur, membersihkan kandang serta pemberian pakan. LIhat Gambar 3.

Sumber : www.trubus-online.co.id


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini