March 1, 2015

Lebih Dekat Dengan Si Mentok

0 comments
 photo bebek_mentok_zpsjzcu5wjn.jpg

Ide tulisan ini bermula saat kami dari mengantar mesin tetas PUI-100 produk Pesona Unggas ke tempat tinggal Bpk. Yanto di daerah Sepinggan Balikpapan. Di rumah pak Yanto kami temukan bebek mentok dengan jumlah yang lumayan banyak, tapi anehnya kami tidak menjumpai adanya kandang bebek. Rupanya si pemilik bebek sengaja membiarkan ternak bebeknya berkeliaran di area kebun pisang dan rerumputan di bawah perbukitan. Ada yang lain dari ternak bebek mentok milik pak Yanto ini, prinsip yang dipakai pak Yanto dalam beternak adalah “Pemeliharaan Ternak Tanpa Biaya”. Apa ya bisa? Nyatanya bisa ! Biaya yang dikeluarkan pak Yanto untuk beternak bebek mentoknya hanya untuk membeli 2 pasang induk dan 1 buah mesin tetas PUI-100. Biaya pakan 0%, sebab pak Yanto memberi pakan bebeknya dari sisa makanan penumpang pesawat yang didapat dari bandara, setiap sore Ia membawa satu karung sisa makanan berupa nasi, roti, sosis, dll. Biaya pembuatan kandang juga 0%, sebab pak Yanto tidak pernah membuat kandang, semua bebeknya bebas berkeliaran di sekitar rumahnya.

Dari kisah pak Yanto tersebut, kami kemudian membuat catatan tentang si Mentok. Jika kami amati, bebek mentok adalah salah jenis itik yang memiliki beberapa keunggulan antara lain :

  • Memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding jenis itik yang lain. Tanpa kandangpun bebek mentok bisa bertahan dari cuaca sekelilingnya.
  • Potensial sebagai unggas penghasil daging dan telur. Bebek mentok bisa mencapai bobot 3 kg (betina) dan 5 kg (jantan), dengan rangsum pakan yang tidak terprogram.
  • Harga jualnya relatif tinggi yakni Rp.100.000 – 150.000 per ekor.

Dari keunggulan si Mentok ini, kami mendorong masyarakat untuk lebih memfokuskan pemeliharaan mentok ke arah usaha budidaya baik secara intensif maupun tradisional. Budidaya si mentok cocok untuk skalarumahan maupun skala besar.

Bebek mentok, atau entok (Cairina moschata) adalah sejenis burung atau unggas yang masih termasuk dalam keluarga bebek yang dipelihara dengan tujuan untuk diambil daging dan telurnya. Dalam bahasa Inggris disebut Muscovy Duck atau juga Barbary Duck. Nenek moyangnya berasal dari Amerika Utara yang merupakan Itik Liar (Anas moscha), seiring perjalanan waktu, mentok dipelihara dan dijinakkan oleh manusia, dan akhirnya dijadikan hewan ternak dan salah satu lahan usaha. Untuk tata cara budidaya bebek mentok tidak berbeda dengan budidaya itik pada umumnya. Bahkan budidaya bebek mentok relatif lebih mudah.


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini